BLOG CATERING SURABAYA BU MIMIN

IKUTI BERITA TERBARU KAMI.
blog

Ini Dia Tips Rahasia Agar Sambal Bawangmu Terasa Nikmat Luar Buasa

  • Post by BM Admin 1
  • Kategori: uncategories

Ini Dia Tips Rahasia Agar Sambal Bawangmu Terasa Nikmat Luar Buasa

Sambal bawang jadi salah satu jenis sambal yang paling gampang cara membuatnya, karena bahan yang kamu butuhkan gak banyak. Mengolahnya pun gak sampai 10 menit, sambal bawang pedas gurih sudah siap menemani makanmu.

Berikut ini rekomendasi resep sambal bawang yang gurih dan tidak lupa juga cara membuatnya yang gampang banget. Dijamin deh bikin ketagihan dengan pedasnya yang nampol!

Cara membuat :

  1. Ulek bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan garam sampai halus.
  2. Tambahkan minyak bekas menggoreng atau minyak yang dipanaskan, aduk rata pakai ulekan.
  3. Cicipi, tambahkan garam jika perlu.
  4. Sajikan dengan tempe goreng dengan cara penyet/tekan tempe di atas sambal dengan ulekan.
  5. Hidangkan segera dengan nasi panas dan lalapan mentah jika suka.

Tips: Kunci kenikmatan Sambal Bawang terletak pada penambahan minyak bekas menggoreng atau orang Jawa menyebutnya jelantah, jadi usahakan ada. Kalau tak punya minyak bekas menggoreng, panaskan sedikit minyak dan langsung siramkan panas2 ke dalam sambal yang barusan diulek. Intinya apapun jenis minyak yang anda pakai, jelantah atau minyak yang dipanaskan, siramkan ke sambal dalam keadaaan panas, karena disitulah kunci kenikmatan Sambal Bawang.

Bu Mimin Surabaya menjual sambal dengan cita rasa tradisional. Salah satunya sambal bawang yang menjadi primadona sambal Surabaya. Bu Mimin senantiasa mengutamakan cita rasa tradisional, kebersihan dan juga profesional. Sambal Surabaya khas Bu Mimin rasanya seperti masakan rumahan. Produksi makanan enak khas Surabaya yang mampu menyajikan masakan kekinian dengan rasa paling lezat dan juga sehat. Urusan sambal ? serahkan ke Bu Mimin. Sampaikan kebutuhan Anda, dan kami akan melayani dengan sepenuh hati.

 

 

Read More

14

DEC

blog

Resep Membuat Kolak Pisang Paling Enak

  • Post by BM Admin 1
  • Kategori: uncategories

Kolak menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, apalagi saat Ramadan. Sebelum menyantap makanan lain, kolak menjadi menu utama saat berbuka. Selain rasanya yang manis, kolak pun segar dan mampu membantu melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Takjil favorit ini menjadi perhatian, tak hanya dari kualitas rasanya saja, namun dari jenis bahannya pun menjadi daya tarik masyarakat. Kolak dapat dijumpai dalam berbagai jenis, mulai dari kolak pisang, ubi, hingga biji salak. Melihat berkembangan yang begitu pesat terhadap jenis makanan ini, tak sedikit orang penasaran dengan proses pembuatannya.

Jika kamu bingung bagaimana cara membuatnya, berikut resep kolak pisang yang bisa kamu coba buat di rumah. Praktis dan mudah banget kok. Seperti apa?

1. Kolak Pisang Singkong & Kolang Kaling.

Campuran ketiga bahan ini akan menjadikan menu buka puasa kamu jauh lebih segar. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- 800 gr pisang kepok
- 300 gr gula merah/sesuai selera
- 3 lembar daun pandan
- 150 gr kolang kaling
- 400 gr singkong
- 1.000 cc air santan
- Gula Pasir
- Garam
- 1/4-1/2 sdt vanilli bubuk

Cara membuatnya:
- Potong-potong singkong, potong sesuai selera, cuci bersih. Lalu kupas pisang, potong sesuai selera, rebus gula merah dengan 100 cc air, saring airnya, rebus kolang kaling, tiriskan.
- Rebus santan + air gula merah + gula pasir + vanilli bubuk + daun pandan dalam api sedang sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
- Masukkan singkong + kolang kaling. Kalau singkong sudah 1/2 matang, masukkan pisang. Diamkan sampai matang, jangan terlalu banyak diaduk.
- Kolak siap disajikan.

Bu Mimin menjual kolak dengan cita rasa tradisional. Rasanya lezat dan bikin nagih. Nah daripada anda ribet dan tentunya membutuhkan banyak waktu jika harus membuat kolak sendiri, lebih baik langsung pesan saja di Bu Mimin. Sampaikan kebutuhan anda dan kami akan melayani dengan sepenuh hati. Bu Mimin senantiasa mengutamakan cita rasa tradisional, kebersihan dan juga profesional. Makanan Surabaya khas Bu Mimin rasanya seperti masakan rumahan. Produksi makanan enak khas Surabaya yang mampu menyajikan masakan kekinian dengan rasa paling lezat dan juga sehat.

 

Read More

14

DEC

blog

Gorengan Asli Indonesia yang Kelezatannya tak Pernah Hilang

  • Post by BM Admin 1
  • Kategori: uncategories

Gorengan atau Goreng tepung adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas yang banyak.

Di Indonesia gorengan adalah makanan ringan yang populer. Penjual gorengan dapat ditemukan di tepi jalan atau berkeliling dengan pikulan atau gerobak. Bahan-bahan yang dilapis adonan tepung dan digoreng antara lain; pisang, tempe, tahu, oncom, ubi, singkong, cireng (Bahasa Sunda: Aci digoreng), yaitu tepung singkong digoreng, sukun, dan bakwan (di Jawa Barat disebut "bala-bala") yaitu adonan tepung yang dicampur cacahan kubis dan wortel. Salah satu jenis gorengan yang populer adalah Tahu Sumedang. Perkedel jagung dan perkedel kentang juga masuk dalam kategori gorengan. Gorengan biasanya dimakan dengan cabe rawit. Di Malaysia gorengan juga lazim ditemui, antara lain pisang goreng dan ubi goreng.

Dalam masakan Jepang, sayuran dan hidangan laut (terutama udang) yang digoreng disebut tempura, dimakan dengan dicelupkan pada saus kecap asin-manis yang cair dan ringan. Sama halnya dengan di India gorengan juga populer.

Di Inggris Ikan goreng tepung populer dan biasanya ditemani dengan gorengan lain seperti kentang, nanas, dan apel yang digoreng tepung. Di Prancis dan Belgia kentang goreng populer sebagai makanan ringan.

Di Amerika Serikat, yang disebut gorengan adalah berbagai bahan utama yang dicelup adonan yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan susu yang kemudian digoreng dalam minyak goreng. Tepung terigu atau tepung jagung biasanya digunakan untuk merekatkan bahan. Jagung bonggolan (jagung utuh) atau jagung kalengan juga lazim digoreng. Apel goreng juga digemari di Amerika. Variasi lainnya adalah semacam bakso kepiting atau bakso kerang goreng serta zucchini goreng.

Bu Mimin Surabaya menjual gorengan dengan berbagai macam pilihan. Berapapun kebutuhan anda, kami siap melayani dengan sepenuh hati. Percayakan segala kebutuhan makanan anda kepada Bu Mimin Surabaya. Bu Mimin Surabaya juga menyediakan berbagai menu makanan yang lezat dan sehat. Bu Mimin senantiasa mengutamakan cita rasa tradisional, kebersihan dan juga profesional. Makanan Surabaya khas Bu Mimin rasanya seperti masakan rumahan. Produksi makanan enak khas Surabaya yang mampu menyajikan masakan kekinian dengan rasa paling lezat dan juga sehat.

Read More

14

DEC

blog

5 Jenis Buah ini Wajib Ada Dalam Rujak Buah Agar Makin Segar

  • Post by BM Admin 1
  • Kategori: uncategories

Rujak buah menjadi salah satu makanan yang tak hanya enak tetapi juga sangat sehat. Karena rasanya yang khas, rujak buah menjadi salah satu menu favorit banyak orang apalagi saat cuaca panas. Berbagai buah segar yang diiris tipis dan dicocol ke dalam sambal gula merah yang manis pedas, menjadikan rujak buah semakin menggugah selera.

Ngomongin soal rujak buah, perlu kita tahu bahwa ada beberapa buah yang wajib ada di dalam rujak buah. Apa saja buah tersebut? Simak yang berikut ini

Bengkuang

Buah bengkuang menjadi buah yang tak pernah absen ada dalam rujak buah. Rasanya yang segar dan teksturnya yang renyah, menjadikan bengkuang salah satu buah wajib dalam rujak buah. Tak hanya enak, bengkuang adalah buah yang kaya nutrisi dan sangat baik buat kesehatan

Nanas

Buah selanjutnya yang wajib ada dalam rujak buah adalah nanas. Rasanya yang segar dan manis sedikit asam, menjadikan nanas sangat cocok dicocok ke dalam saus rujak yang pedas. Nanas adalah buah yang kaya vitamin C dan sangat menyehatkan.

Pepaya Mengkal

Pepaya mengkal menjadi buah selanjutnya yang tak pernah absen di dalam rujak buah. Pepaya memangkal memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang renyah. Kandungan nutrisi yang mengesankan menjadikan buah ini sebagai buah idola sebagai bahan untuk rujak buah.

Mangga Muda

Meski mangga muda umumnya memiliki rasa yang cukup asam, namun mangga muda tak pernah absen di daftar buah wajib dalam rujak buah. Tekstur mangga muda yang renyah menjadikan buah ini sangat cocok jika dicocol pada saus sambal rujak buah.

Mentimun

Buah selanjutnya yang wajib ada di dalam rujak buah adalah mentimun. Dibanding buah lainnya, mentimun memiliki tekstur lebih lembut dan renyah. Rasa dari buah mentimun juga lebih segar sehingga bisa menetralisir rasa asam berlebih pada mangga muda maupun nanas.

Itulah beberapa buah yang wajib ada di dalam rujak buah. Selain buah di atas, buah lain yang umum digunakan sebagai bahan rujak buah adalah jambu air, ubi jalar, belimbing dan apel. Bu Mimin Surabaya menjual rujak buah segar dari bahan fresh berkualitas. Bu Mimin senantiasa mengutamakan cita rasa tradisional yang autentik. Selain itu, faktor kebersihan juga menjadi fokus utama bu Mimin dalam menyajikan setiap menu makanan. Nah, apalagi bagi anda yang tinggal di kota Surabaya dengan suhu cuaca yang begitu panas. Menikmati rujak disiang hari akan terasa semakin nikmat.

 

Read More

14

DEC

blog

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Spesial Gurih Praktis

  • Post by BM Admin 1
  • Kategori: uncategories

Apabila teman teman ingin membuat sesuatu yang spesial, yuk kita membuat nasi kuning spesial saja. Pasti sudah tahu dong dengan masakan nasi khas asli Indonesia ini. Tidak hanya cocok untuk acara ulang tahun anak anak, acara syukuran dan acara spesial yang lain pun cocok sekali dengan nasi kuning komplit dan lengkap. Kalau dilihat dari rasanya sih, resep nasi kuning dengan rice cooker atau nasi kuning tumpeng hampir mirip dengan resep nasi uduk. Untuk bumbu nasi kuning dan cara membuatnya memang hampir sama, walaupun ada beberapa perbedaan sedikit di antara kedua macam resep masakan Indonesia tersebut.

Sebenarnya, resep nasi tumpeng dengan resep nasi kuning itu sama. Yang membuat perbedaan adalah bentuk akhirnya. Kalau nasi kuning dengan rice cooker biasanya disajikan di piring-piring hidangan sedangan resep nasi kuning tumpeng dibentuk menyerupai tumpeng atau kerucut, hiasan, lauk lauknya lebih komplit dan lengkap daripada nasi kuning biasa. Selain untuk acara ulang tahun, resepsi atau acara syukuran yang lain, salah satu masakan nasi asli Indonesia ini juga bisa untuk hidangn sehari hari. Teman teman bisa membuat nasi kuning rice cooker sederhana untuk makan siang atau makan malam. Lauk pauk dan bahan pelengkapnya juga tidak perlu disediakan. Teman-teman bisa menyajikannya hanya dengan potong telur dadar, kacang tanah goreng, sedikit abon dan kerupuk udang. Kalau mau, ditambahkann sambal pasti lebih nikmat.

Yang paling menarik dan membuat orang ketagihan dengan nasi ini adalah rasanya yang gurih dan lezat. Apalagi kalau lauk pauknya lengkap dan komplit, seperti ayam panggang, kacang, abon, irisan buah ketimun, buah tomat potong yang dihias, sambal, perkedel kentang, daging rendang, tempe bacem, kerupuk udang dan yang lainnya. Mungkin beberapa teman ada yang sedikit bingung, apa bedanya resep nasi kuning rice cooker dengan nasi kuning kukus. Sebenarnya bumbu dan bahan yang digunakan sama saja. Yang menjadi perbedaan adalah cara memasak beras nya saja. Teman teman bisa menggunakan rice cooker apabila gak punya banyak waktu atau lebih baik dikukus. Selain rasanya lebih enak, nasi kuningnya juga lebih tanak dan tahan lama. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat nasi kuning komplit sederhana dan bumbu yang dipakai di bawah ya.

Bahan bahan :

  1. Bahan utama yang digunakan adalah beras sebanyak 2 liter. Gunakan beras yang berkualitas bagus, bersih dan pulen supaya hasilnya lebih legit dan lezat.
  2. Beras ketan kualitas bagus untuk campuran sebanyak kurang lebih 200 gram.
  3. Daun salam yang bagus kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Cuci bersih sebelum dimasak dengan bahan yang lain.
  4. Kunyit atau orang jawa bisanya menyebutnya kunir sepanjang kurang lebih 5 cm saja. Cuci bersih dan bakar sebentar sebelum digunakan untuk menghilangkan aroma sengir.
  5. Santan kurang lebih sebanyak 1.5 liter. Gunakan santan dari perasan parutan buah kelapa supaya hasilnya lebih legit.
  6. Batang serai ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs saja.
  7. Buah jeruk nipis ukuran sedang besar sebanyak 4 buah saja. Potong jeruk dan peras airnya.
  8. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya (kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh saja).

Cara Membuatnya :

  1. Cara membuat nasi kuning ini sebenarnya sangat sederhana.
  2. Parut kunyit yang sudah dibersihkan dan campur air bersih secukupnya untuk merendam nasi kuningnya.
  3. Campur beras ketan dan beras biasa. Cuci bersih 2-3 kali untuk menghilangkan bau dan kotoran yang mungkin menempel.
  4. Masukkan campuran beras dan beras ketannya ke dalam parutan kunyit di atas yang sudah diberi tambahan air secukupnya.
  5. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur dan rendam kurang lebih selama setengah jam supaya air kunyit meresap ke dalam berasnya.
  6. Siapkan tempat menanak nasi atau dandangnya. Hidupkan kompor dengan api sedang dan beri air secukupnya untuk mengukus nasinya. Kalau mau membuat resep nasi kuning rice cooker, beras kuning di atas bisa langsung dimasukkan ke dalam rice cookernya.
  7. Masukkan campuran beras dan beras ketannya ke dalamnya. Masak sampai setengah matang (berlaku juga buat yang pakai rice cooker).
  8. Sambil menunggu, teman teman bisa merebus santan yang sudah dipersiakan diatas dengan api kecil sedang saja.
  9. Masukkan sisa bahan yang lain (daun salam, batang serai dan garam beryodium) ke dalam rebusan santan.
  10. Aduk aduk terus pelan pelan supaya semua bahan tercampur rata dan santan tidak pecah.
  11. Setelah mendidih, api dimatikan lalu masukkan air jeruk nipis yang sudah diperas di atas. Aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata.
  12. Angkat nasi kuning setengah matangnya dari dandang. Masukkan ke dalam adonan santan di atas.
  13. Hidupkan api lagi dan aduk aduk pelan pelan sampai semua bahan tercampur rata.
  14. Ulangi sampai santan meresap semua ke dalam nasi kuningnya. (Untuk yang memakai rice cooker, santan tinggal dimasukkan dan terus diaduk aduk sampai santan meresap semua. baru kemudian rice cooker ditutup lagi).
  15. Masukkan nasi yang sudah tercampur dengan santan ke dalam kukusan atau dandangnya lagi.
  16. Hidupkan kompor dan kukus sampai nasi benar benar matang dan empuk (kurang lebih 43-48 menit).
  17. Setelah matang, teman teman bisa mencetaknya dengan cetakan tumpeng atau cetakan bentuk yang lain sesuai selera.

 

Bu mimin menyediakan tumpeng nasi kuning dengan cita rasa tradisional yang autentik. Jika Anda butuh tumpeng dalam jumlah banyak sekalipun, bu Mimin sanggup menyediakannya. Tumpeng nasi kuning bu Mimin siap menjadikan setiap acara penting Anda jadi lebih berkesan. Bu Mimin senantiasa mengutamakan kebersihan dalam setiap pembuatannya.

Read More

14

DEC

Live Chat
Mohon Tulis Pesan Anda
Admin Sedang Online cancel
Selamat datang di CATERING SURABAYA BU MIMIN, Ada yang bisa kami bantu ?
Live Chat